SMA KRISTEN ANAKALANG : TERBAIK KE-DUA DI NTT

img_4786.jpgLAIKARUDA, (Talora) – Sebagai kabupaten baru, Sumba Tengah patut berbangga atas prestasi gemilang yang baru saja diraihnya di bidang pendidikan. Pengumuman kelulusan tingkat SMA menempatkan SMA Kristen Anakalang pada tingkat kelulusan terbaik ke dua di NTT. Prestasi gemilang ini selain mengangkat nama sekolah juga mengangkat nama kabupaten Sumba Tengah.

Saat ditemui redaksi, kepala sekolah SMA Kristen Anakalang Samuel Umbu Sorung S,Pd di dampingi staf menuturkan ini merupakan rencana Tuhan terhadap sekolah ini (sambil tersenyum). Dia (Tuhan, Red) bekerja melalui jerih payah teman-teman guru dan kesiapan dari siswa menghadapi ujian. Semangat kebersamaan dan disiplin pada akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan bahkan mengangkat nama kabupaten Sumba Tengah.

Dukungan moril berupa kehadiran orang tua dan PEMDA saat ujian nasional berlangsung juga turut membantu. Kami berasa leluasa dan mempunyai energi yang lebih. Kami tidak merasa sendirian sambung Erli Sabaora salah satu staf pengajar disana.

Tuntutan persiapan menghadapi ujian nasional tidak hanya menjadi beban siswa tetapi juga menjadi tanggungjawab sekolah.

Dalam menghadapi Ujian Nasional, sekolah dituntut kreativif untuk membekali para siswanya. SMA Kristen Anakalang menempuh langkah-langkah khusus untuk membekali siswanya melalui pengoptimalan waktu belajar, les tambahan, belajar kelompok, maupun karantina.

Bagi siswa yang memiliki tunggakan dan belum melengkapi urusan administratif, dewan guru mengambil kebijakan mengundang para orang tua siswa secara khusus. Hal ini dimaksudkan agar dalam menghadapi ujian nasional, para siswa secara psikologis tidak terganggu oleh tunggakan uang sekolah atau kelengkapan administratif. Konsentrasi para siswa benar-benar dipusatkan untuk persiapan ujian.

Bukan tanpa hambatan, SMA Kristen Anakalang kekurangan tenaga guru MIPA yang saat ini hanya berjumlah satu orang saja. Namun Pak Sam sapaan Samuel Umbu Sorung S,Pd tidak berdiam diri saja, demi anak didik tercinta ia terus berusaha dan berjuang.

Berawal dari kunjungan pengawas provinsi ke SMAK Anakalang yang bertugas memonitoring 4 kabupaten di Sumba, Pak Sam mulai mengeluarkan jurus jitu untuk melobi pengawas tersebut agar membantunya menjadi tenaga bantu mengajar, tentunya dengan pertimbangan lamanya pengawasan dan kemampuan yang dimiliki oleh dia (pengawas, Red).

Berkat tangan Tuhan, dengan senang hati pengawas tersebut bersedia membantu selama dia menjalankan tugasnya. “Tiada rotan akarpun jadi, tiada tenaga guru pengawaspun Ok” kata Pak Sam sambil tersenyum.

Usaha ini membuahkan hasil dengan tingkat kelulusan yang memuaskan sekalipun 15 siswa status kelulusannya tertunda, sehingga harus mengikuti ujian kesetaraan yang dikenal dengan paket C.

Prestasi ini tidak hanya dirasakan oleh pihak sekolah yaitu guru dan siswa tetapi juga oleh semua masyarakat Sumba Tengah. Melalui prestasi ini Kabupaten Sumba Tengah semakin dikenal bahkan diakui lewat mereka (anak-anak Sumba Tengah, Red). Namun ini semua bukan akhir, bagi kami keberhasilan ini akan menjadi beban atau cambuk untuk tetap mempertahankan bahkan jika Tuhan berkenan prestasi ini dapat meningkat, tutur Pak Sam

Buah dari perjuangan selama persiapan ujian hingga proses ujian, terlihat lewat tingkat kelulusan yang telah diraih. Prestasi gemilang dengan persentasi kelulusan; IPA : 92,86% dan IPS : 90,40%.

10 urutan terbesar dilihat dari Jumlah nilai tertinggi: (1) Satria Umbu Delu – 37,55. (2) Eduard Umbu Muka – 36,50. (3) Armen M.U. Ngailu – 36,40. (4) Tomi U.T. Dapawawa – 36,25. (5) Maria R. Malo – 36,10. (6) Marce R.P. Rauna 36,00. (7) Dritania A.R. Wasak – 35,85. (8) Urbanus Umbu Katanga – 35,75. (9) Frederingko U. Mahemba – 35,10. (10) Saxni Wonga – 34,90.

9 urutan terbesar dilihat dari Nilai tertinggi per mata pelajaran: (1) Frederingko U. Mahemba – Bahasa Indonesia – 7,60. (2) Frederingko U. Mahemba – Matematika – 5,00. (3) Dritania A.R. Wasak – Fisika -6,80. (4) Damaris R.P. Dairu – Kimia – 6,50. (5) Dritania A.R. Wasak – Biologi – 7,00. (6) Yusak B. Lero – Ekonomi – 6,75. (7) Asima Landukara – Sosiologi -7,25. (8) Asima Landukara – Sosiologi – 7,25. (9) Barnabas U.B – Geografi – 7,00.

Selain prestasi tingkat kelulusan terbaik ke dua se-NTT, SMA Kristen Anakalang juga mencatat beberapa prestasi lain seperti: (1) keikutsertaan dalam Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi yang mewakilkan 3 siswanya yaitu: Ratnawati Seri Jala – matapelaran KIMIA, Ana R. Padu Djabu – Fisika dan Sisilia Podu Passi – Biologi. (2) pada tanggal 13-16 Mei menjadi juara 7 lomba paduan suara tingkat provinsi di Kupang yang mana pesertanya berasal dari 20 kabupaten kota se-NTT. (3) keikutsertaan dalam porseni tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada tanggal 21-26 Juli 2008, mempertandingkan 4 cabang: atletik, tenis meja, badminton dan catur. (4) keikutsertaan 4 siswa pramuka ke Cibubur. (5) mengirimkan 2 utusan paskibraka tingkat Provinsi.

Saat ditanya akan dikemanakan anak didik berprestasi yang tidak mampu melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi? Dengan menarik nafas panjang pak Sam menjelaskan, hal itu yang masih menjadi misteri bagi dirinya dan teman-teman guru, karena sejak tanggal 26 April 2008 dia telah mengajukan permohonan beasiswa untuk siswa tak mampu sebanyak 20 orang ke PEMDA, namun sampai saat ini masih belum ada jawaban.

Prestasi gemilang perlu ditingkatkan, namun perhatian terhadap prestasi tidak serta-merta hilang atas prestasi yang diperoleh! (Dee Rambu Vara)

2 Komentar

  1. Mat mlm, saya sebagai warga ST senang sekali ketika membaca tentang keberhasilan yang diraih oleh oleh warga Sumba Tengah khususnya SMA kristen Anakalang. saya berharap kita bersama-sama berusaha guna menghasilan anak-anak didik yang berkompeten yang mampu bersaing menghadapi era global. adapun banyak masalh yang menjadi penghabat tetapi marilah kita terus tingkatkan.. AMIN..
    semoga kesuksesan selalu diraih..

  2. Trimakasih guruku. . Guruku di SMA Kr Anakalang adlah guru-guru terbaik yang pernah aku temui di hidupku.. Tuhan Senantiasa Berkati Mereka. GB


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s