Bincang Bersama KPUD

WAIBAKUL, (Talora) – Sambutan dan senyuman, hangat menyambut kedatangan wartawan Talora dalam usaha mencari informasi tentang KPU, di ruang kesekretariatn KPUD ST – kantor kecamatan Sumba Tengah. Di tengah kesibukan penyusunan laporan proses PILGUB yang dilaksanakan di Sumba Tengah pada tanggal 14 Juni 2008, Ketua KPUD Nehemia Katu masih dapat menyisihkan sebagian waktunya untuk berbincang-bincang bersama Talora.

Setelah perkenalan-perkenalan, kami pun mulai mengungkapkan maksud dan tujuan untuk mendapatkan informasi kegiatan serta aktivitas KPUD. Dengan senang hati ia pun menyambut baik dengan memberikan beberapa informasi seputaran aktivitas KPUD.

Bapak 4 orang anak ini dipilih sebagai Ketua KPUD untuk 3 kabupaten, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya. Selama ini ia dibantu oleh 4 orang anggota yaitu: Jeffry A. Galla, Johanis Bili Kii, Retno Wulandari Batara Goa dan Tony Umbu Sunga.

Dalam seminggu ia menjadwalkan kehadirannya 2 hari di tiap kabupaten. Saat di tanya alasan kenapa hanya 2 hari dalam seminggu ? Ia menjawab, terkhusus di Sumba Tengah sebenarnya belum terbentuk KPU namun demikian telah dibentuk kesektariatan. Alasannya seperti yang tercantum dalam UU No. 6 pasal 137 ayat 1, 2. “sebenarnya sudah terbentuk akan tetapi karena kesibukkan pelaksanaan PILGUB akhirnya sampai dengan saat ini belum terbentuk” tambahnya. Walaupun demikian di Kabupaten Sumba tengah sudah terbentuk kesektariatan yang bertempat di kantor camat Sumba Tengah dengan pengorganisasian: sekretaris 1 orang dan kasubbag 2 orang. Namun sebenarnya untuk saat ini masih dibutuhkan lagi 2 orang. Menurutnya, minimnya sumber daya manusia di ST yang berkompeten di bidang ini cukup menghambat gerak laju KPUD. Tapi mudah-mudahan dalam jangka waktu yang diberikan kami mendapat tenaga-tenaga baru tutur Nehemia Katu.

Langkah awal yang diambil KPU selama terbentuk adalah perekrutan personil KPU dan rapat koordinasi dalam pelaksanaan tugas pemilu Gubernur dan Bupati. Rapat koordinasi dilakukan sesuai kebutuhan dan rapat ini dilakukan bersama dewan pimpinan dalam MusPiDa.

Dalam kesempatan yang sama Nehemia Katu mengungkapkan bahwa saat ini KPUD sedang melaksanakan agenda verifikasi partai politik. Menurut data yang diperoleh, diketahui dari 35 partai politik peserta Pemilu 2004, di Kabupaten Sumba Tengah terdaftar 16 partai politik. Hal-hal yang di verifikasi pada setiap partai politik adalah: kantor, fasilitas kantor, adminstrasi, kepengurusan, anggota dan kartu anggota.

Dengan berakhirnya agenda pemilihan Gubernur NTT, KPUD memasuki babak agenda baru untuk melaksanakan pemilihan Bupati. Langkah yang sedang ditempuh KPUD saat ini adalah pemutahiran data pemilu yang lalu. Hal ini sangat dibutuhkan karena berdasarkan pengalaman dalam pilgub, terdapat data-data yang tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Banyak pelajaran yang diperoleh dari berbagai kendala pemilihan Gubernur yang telah dilaksanakan, salah satunya adalah menurunnya partisipasi politik masyarakat saat Pilkada. Hal ini dikarenakan tidak dimilikinya kartu pemilih oleh masyarakat.

Dalam menjalankan tugasnya, KPUD menggunakan dana yang murni berasal dari pemerintah dengan pembagian dana, Kabupaten Sumba Tengah Rp. 1,6 M; Sumba Barat Daya Rp. 3,6 M dan dana pemilihan Bupati sebesar Rp. 10M.

Merupakan suatu tanggungjawab besar untuk menjadi ketua KPUD bagi tiga Kabupten secara bersamaan, tambahnya. Namun atas semua kenyataan yang ada, itu semuanya perlu syukuri, atas keyakinan terhadap penyertaan sang Kuasa. (Umbu Djanga Sabakodi)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s