MEWAKILI NTT, SANGGAR TARI GAILARU MARADA JUARA LOMBA TARI TINGKAT NASIONAL

YOGYAKARTA, (Talora) – Bersama 5 etnis lain yaitu Bali, Lampung, Kalimantan Barat dan Aceh, Sanggar Tari Gailaru Marada yang mewakili provinsi Nusa Tenggara Timur, ditetapkan sebagai juara bersama pada lomba seni tari daerah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada tanggal 21-22 Mei 2008. . Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Nasionnal yang ke 100 yang diikuti oleh 16 provinsi di Indonesia

Pada acara yang diselenggarakan di halaman Monumen Serangan Umum 1 Maret yang terletak di ujung jalan Malioboro itu, Gailar menampilkan tarian perang Anakalang “KATAGA” selama kurang lebih 15 menit. Para penari adalah mahasiswa – mahasiswa asal Anakalang, Sumba Tengah yang sedang menuntut ilmu di Yogyakarta, yang terdiri dari, penari : Viktor Umbu Sulung, Yohanis Umbu Saga Ana Kaka, Roby, Umbu Djanga Sabakodi, Beny, Saryadi Katanga Tagu Soba, Gloriansi Umbu Heingu Deta dan Rinto Umbu Kaballu. Penabuhnya antara lain : Marthen Umbu Laiya, Yonatan Umbu Djongu, Arnold Umbu Ngailu dan Eston Umbu Ringu.

Gailar yang mewakili provinsi NTT dan 4 provinsi lainya berhasil mengalahkan kontestan dari propinsi lainnya seperti Papua, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan karena mendapat penilaian yang lebih tinggi. Penilaian seni tari ini didasarkan pada kekompakan, keseriusan, keaslian dan kostum yang dikenakan. Gailar berhasil menjadi salah satu juara dan berhak membawa pulang piagam penghargaan dan uang tunai sebesar Rp 1.000.000,-.

Ini merupakan gelar nasional ke 2 yang diperoleh oleh Gailar setelah pada tanggal 23 Desember 2007 juga berhasil menjadi juara 1 dalam lomba seni tari se-Indonesia yang diadakan oleh Pemerintah kabupaten Bantul, Yogyakarta di Pasar Seni Gabusan.

Dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional juga, sebelumnya yakni pada tanggal 17-19 Mei 2008, bersama mahasisawa dari 33 provinsi, sanggar tari Gailaru Marada juga terlibat dalam acara peresmian desa Kebangsaan di Imogiri, Bantul, Yogyakarta yang dihadiri oleh Menteri Sosial dan panglima TNI. Kemudian pada tanggal 20 Mei 2008 mengikuti acara peresmian GONG NUSANTARA yang dihadiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, beberapa duta besar dan pejabat daerah Yogyakarta yang diisi dengan berbagai acara budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

“Eksisnya tarian kataga di Yogyakarta ini tidak lepas dari kerja keras dan rasa cinta para mahasiswa asal Sumba Tengah yang tergabung dalam sanggar tari Gailaru Marada terhadap budaya Sumba, sehingga nama Sumba khususnya dan NTT pada umumnya di wilayah Jawa sudah dikenal banyak orang terutama terhadap budaya sumba-NTT. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa Sumba yang ada di Jawa ketika budaya kita sudah dikenal oleh banyak orang, karena sebagai mahasiswa, ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta dan merupakan sesuatu hal yang bisa diberikan untuk daerah tercinta yaitu Sumba-NTT. Oleh karena itu, kiranya kegiatan budaya di daerah Sumba kiranya lebih diperhatikan oleh Pemda maupun pihak swasta, karena lewat budaya kita bisa dikenal dan lewat budaya pula kita bisa membangun daerah kita”. Demikian komentar dan harapan Marthen Umbu Laiya, senior Sanggar tari Gailaru Marada. (Umbu Saga Anakaka)

2 Komentar

  1. HIDUP GAILAR
    Selamat buat Ketua GAILAR yang baru . . .
    Kiranya selalu sukses n tambah semangat

  2. Semua hal yang diperoleh di Gailar adalah atas Berkat Dari Tuhan Yesus, dan tidak luput dari kebersamaan yang telah kita bina dari waktu ke waktu . . . . . .

    SUKSES UNTUK KITA SEMUA


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s